Cari Tahu Apakah Anda Mengalami Kadar Estrogen Rendah

Sharing is caring!

Estrogen merupakan kumpulan senyawa steroid yang mempunyai fungsi utama sebagai hormon seks kaum wanita. Walau esterogen ini terdapat pula dalam tubuh kaum pria, namun jumlah kandungannya lebih sedikit. Sedangkan jumlah kandungan esterogen jauh lebih banyak pada tubuh wanita yang berusia subur. Estrogen ini sangat berperan ketika masa pubertas, hormon ini sebabkan perkembangan serta mempertahankan ciri seks sekunder pada kaum wanita. Berikut beberapa peran dari hormot tersebut.

  1. Pertumbuhan payudara
  2. Pengaturan siklus menstruasi
  3. Mengendalikan penebalan lapisan rahim saat siklus menstruasi
  4. Pertumbuhan rambut pada ketiak dan kemaluan
  5. Pengontrol laktasi

 

Pada kaum wanita, ovarium tempat utama yang memproduksi hormon estrogen, tempat pendukung diproduksi esterogen yakni sel – sel lemak serta kelenjar adrenal. Berikut ini beberapa tanda rendahnya kadar atau jumlah hormon estrogen, antara lain :

  1. Menopause dini

Menopause dini adalah pertanda bahwa seorang wanita mengalami kadar estrogen rendah. Menopause terlalu dini biasanya disertai terjadinya hot flash, debaran jantung meningkat, mudah menggigil merasa kedinginan, dan berkeringat saat tidur malam hari.

  1. Mudah kelelahan

Apakah Anda mudah merasa letih atau kelelahan bahkan saat jam aktif siang hari? Bisa jadi Anda mengalami salah satu tanda terlalu rendah kadar estrogen.

  1. Gangguan tidur berupa Insomnia

Kualitas dan kuantitas tidur berkurang, maka ini juga merupakan gejala yang dialami oleh wanita berkadar estrogen terlalu rendah. Insomnia atau gangguan tidur, umumnya diikuti tekanan darah meningkat.

  1. Bertambahnya berat badan

Wanita berkadar estrogen rendah biasanya mengalami peningkatan berat badan atau tubuh menjadi gemuk (padahal porsi makan utama dan cemilan seperti biasa).

  1. Kelembapan hilang

Hormon estrogen berfungsi menjadikan kulit halus. Apabila kadar hormon estrogen terlalu rendah, maka kulit tubuh jadi kering. Wanita berkadar estrogen rendah biasanya mengalami kering pula pada daerah kewanitaan dan juga mata kering.

  1. Gairah seks menurun

Estrogen merupakan hormon yang mempengaruhi gairah seks kaum wanita. Jika hasrat seks rendah dan merasakan sakit saat hubungan intim, maka hal itu berarti terjadi ketidakseimbangan hormon.

  1. Rasa sakit pada sendi

Wanita yang level estrogen-nya rendah, maka kalsium yang terdapat pada tulang akan terbuang dan mengakibatkan tulang rapuh disertai mengalami nyeri persendian. Wanita dengan kadar estrogen rendah rentan osteoporosis.

  1. Suasana hati tak menentu

Susana hati berubah-ubah secara drastis juga pertanda wanita mengalami kekurangan hormon estrogen. Wanita berkadar estrogen rendah mengalami cemas berlebihan, mudah stres, dan mudah tersinggung.

  1. Infeksi vagina

Infeksi pada vagina serta kandung kemih juga menjadi lebih rentan terjadi pada wanita yang kadar estrogen-nya rendah, sebab estrogen bertanggung jawab atas organ kewanitaan.

  1. Siklus menstruasi tak teratur

Siklus menstruasi jadi tidak teratur juga merupakan pertanda kadar estrogen yang rendah. Ini biasa dialami oleh wanita muda.

 

Fluktuasi kadar estrogen, bukan hanya dialami oleh wanita yang menopause saja, tapi wanita muda pun dapat mengalaminya. Ketika mengalami penurunan kadar estrogen, maka untuk mengatasi semua ketidaknyamanan yang timbul akibat kurangnya estrogen, wanita dapat melakukan terapi hormon estrogen, dan menjadi salah satu solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *